Kamis, Juni 09, 2011

my baby, around 28-31 weeks

yang paling ditunggu expecting mother mungkin adalah waktu USG. nduk pit menganggapnya sebagai ajang kopi darat sama dede' :D iya, bisa ngelihat wajahnya... jari2nya... kaki2nya waktu nendang.. ato paling lucu waktu dia lagi ngenyot jempolnya... (penonton semua: aaawwwhhh).

dan kemaren (8/6) nduk pit bareng mas jib priksa USG 4Dimensi. jadi kalo 3Dimensi itu yang umumnya dipake dokter setiap kontrol. yang gambarnya item putih n keliatan bayang2 tok. hnaaaah... klo yang 4Dimensi ini bentuknya 3D plus satu dimensi lagi yakni waktu. jadi dapet record dalem bentuk .avi juga. walo curigation juga sebenernya yg bayang2 item putih itu 2Dimensi karena kan cuman menampilkan pantulan ultrasound nya. yang 3D itu baru yang kelihatan skin surface nya. hnah yang 4D itu baru skin surface plus durasi waktu alias pidio. yoweslah.. manut jere dokternyah sajah.

USG dede' 3 Dimensi

USG 4D nya di lab, bukan di dokter yang biasanya. disana mahal bok, 700 rb. hlah di lab ini cuman 400 rb. maklum kalo di Indonesia USG 4D ini gak termasuk dalam pelayanan dokter, jadi gak bisa di-cover asuransi. lab nya deket rumah, dokternya ternyata bukan SpOG, tapi SpRad. hoo.. baru tahu kirain dokternya SpOG juga. tapi gak masalah juga soalnya pak dokter ini bisa ngejelasin detail kondisi si dede' saat ini.

sambil nunggu dokternya, nduk pit tanya sama mas jib. "ntar klo pas difoto dede'nya nutupin muka gimana? boleh gak bayar gak ya? trus dijadwalin lagi?". ehehehe, ya secara 400rb klo dede'nya gak keliatan muka nya lak ya rugi sayah :D sempet bilang ke dede', "ayo de'.. siap2 mau dipoto.. yang ganteng ya posenya...". geje mode on.

pertama masuk ruangan, dokternya nanya "ada keluhan apa bu?". nyehehe, ini mah bukan urusan keluh mengeluh.. ortunya aja yang narsis pengen moto anaknya sedari diniiii :D klo kata mas jib "buat kenang2an anaknya nanti..." hooo... woke deh. akhirnya kita bilang aja "gak kok dok, pengen tau kondisi bayi nya apa normal n sehat" :D

analisa pertama, "hmm... sungsang neh bu". waduh! jadi kepalanya dede' belum muter ke bawah, masih ada di atas. kata dokternya klo untuk kelahiran pertama biasanya kondisi sungsang bayi akan di caesar waktu lahirnya. karena si ibu belum punya riwayat nglahirin normal sebelumnya jadi belum tahu kalo ukuran pinggulnya besar atau kecil untuk cukup dilewati si dede'. karena usia masih 28 minggu, jadi bisa ada kemungkinan kepala si dede' akan muter ke bawah mendekati kelahiran. hmm.. yang penting lancar dan baik2 aja deh lahirannya, whatever it takes :)

trus dokternya ngelihat kelengkapan organ luar dan dalam si bayi. otak, jantung, aorta, tulang belakang, bahu, lambung, ginjal, paha, betis, kaki trus juga mata, idung, mulut, sampe jari2 tangan n kaki. Alhamdulillah semua normal n sehat. idungnya mancung katanya, aseeeeeek... dapet lungsuran dari bapaknya, hehe. trus bibirnya normal. leher bersih gak terjerat tali pusar. tulang bahunya bagus. jarinya lengkap. alhamdulillah... sehat2 ya de'....

secara itung2an minggu si dede' masih 28 minggu lebih dikit, tapi pas diitung dari ukuran kepala, lingkar perut, panjang kaki, dede' dah masuk minggu 30 atau 31. dan due date nya maju jadi 14 agustus. taksiran berat 1500 gram, wuduw, secara bulan kemaren priksa dokter masih 700an gram. bener2 perkembangan bayi tu exponensial. awal2 hamil beratnya naek dikiiiit... dikiiit. berarti bulan depan dede' bisa dah 2500 gram neh. hmm... siap2 mamanya jadi nyom nyom.. tembem dimana2 :D alhamdulillah secara perkembangan grafik bayi, berat n ukuran bayi nya di garis normal. lagi.. sehat2 ya de'.... :)

tapi sayang pas di USG dede'nya jarang gerak. biasa dia mah.. klo siang hobinya tidur. malem hari pas mama nya mau bobo baru... pencak silat n tinju di mix jadi satu :D dia lagi manyun, tangan kananya dikepelin ditempelin di dahi, mikir apa si sayang.... :)

dede' lagi manyun

waktu ngelihat wajahnya... hmm.. g tau mirip siapa. ya gitu2 sih bayi, kaya'e mukanya hampir sama semua :D walo berharap banyak ketularan ganteng dari bapaknya, ahehehe. pulangnya kita dikasih print out n file2 dalam format .jpeg sama avi. klo ngelihat videonya lagi... ooouwwwh... to twittttt.. gak nyangka di dalem perut ada yang idup, dan dengan bentuk manusia yang lengkap. smoga nyaman ya de' diperut mama.... muah2..

1 komentar:

istie mengatakan...

hiii sist, boleh tau waktu itu usg 4D di lab mana?

thank you ^^
main2 ke blog ku jg yaa www.shopistiecated.blogspot.com