Kamis, Juli 14, 2011

dunia jual menjual


"untuk mencari usaha, yang penting adalah ada yg beli, ada pasarnya, dan rame"
tapi ga juga loh, ga kudu nunggu pasarnya ada dulu...
"pasar itu bisa diciptakan!"

tanpa bermaksud jadi sok teu tentang dunia jualan, menurut nduk pit produk air putih kemasan adalah salah satu contoh dr produk yang menciptakan pasar. dulu minum air putih adalah air sumur yang hasil rebusan. ga harus yang model botol, cup atau galon2an itu. langsung diciduk dr panci dan dimasukkan ke ceret, teko atau kendi. sehat2 saja, tidak pernah bermasalah. tapi kini rasanya minum air putih kemasan itu adalah kebutuhan dasar, hajat hidup orang banyak. bisa2 bentar lagi produk ini masuk daftar SEPBAKO, sepuluh bahan pokok :p jadinya pasar yang sebelumnya ga ada, jadi ada, dan bahkan ketagihan!

Oke2, di daerah perkotaan air putih kemasan adalah wajib, bukan pilihan. sebab serem juga minum aer rebusan dr sumur yg deket dengan WC tetangga n got kelurahan. tapi toh nyatanya, orang2 di desa juga dah pada pake galon tuh. depo distribusinya juga buanyak di tiap2 dusun. bukti kan klo gara2 iklan mereka di tipi, orang desa yang sumurnya masih bersih kinyis2 itu mulai berfikir ulang ttg air putihnya yg dr sumur. kena juga deh! :D

semakin lama, para marketing juga semakin heboh ngomporinnya. seperti acara wajib minum air putih 8 liter per hari. kudu 8 liter air putih, dan kudu yg kemasan!! klo ndak anda gak sehat, gak cantik, gak keren, susah pup, kolesterol n lemak ga turun2, de el el. hwaaaaa, seyeeeemmm!! padahal menurut banyak penelitian, kuantitas tersebut adalah relatif, berbeda2 tiap jenis kelamin, tiap usia, dan tiap2 kondisi fisik tubuh. dan gak semua-mua 8 liternya musti dr minum air putih, tp bisa dr sayur, buah, dll.

dan sebagai yang pertama, merek Aq*a juga sukses mempertahankan dirinya sebagai yang teratas, terlux dan termahal sampai sekarang. klo ga salah harganya yg 1,5 liter bisa beda seribuan sama produk2 yang laen. bahkan kini brainwashnya semakin gila2an. dia membuat pasar berfikir bahwa minum air putih itu kudu merek A ini, ga boleh yang laen! dosa!! iklan mereka akhir2 ini (yang pake ikon2 orang cantik, ganteng, sehat n pinter2 itu) bener2 membrainwash konsumennya seolah2 klo minum air putih yang laen, anda dan terutama para ibu2 rumah tangga tidak memberikan yang terbaik untuk keluarganya. mbooook....

dengan branding yg sangat powerfull ini, menjadikan merk tersebut paling mahal di pasaran! beli yang merk laen rasanya tubuh kita yang 90% nya aer itu bakal gatel2 ga sehat. dan otak kita pun seolah2 nurut, ngeliat air produk A terlihat paling beniiiiing dan rasanya paling segeeeeeeeeer dibandingin yang lain. walo sebenernya gak gitu2 juga loh. seperti nduk pit yang mesen 2 galon untuk keperluan sehari2, satunya aq*a asli yang selalu nancep di dispenser dan satunya air isi ulang wat masak2, rasa n beningnya ga beda2 jauh tuh.

begitu powerfullnya marketing, sampe pasar pun bisa diciptakan n dikendalikan demi keuntungan mereka. bisnis, bisnis dan UUD, ujung2nya duit. well.. siapa sih yang bener2 tuuuuuuulus memperhatikan kesehatan anda selain ibu atau mungkin istri? emang produk air putih kemasan itu dinas sosial??? :p

hmm.. dunia marketing memang menarik. dengan wrapping and pacakging yang secuantikkkk mungkin, se-menguntuuuuuungkan konsumen mungkin (pura2nya), anda bisa menaikkan value produk anda sampe 100% bahkan lebih. sedangkan bagi engineer, jungkir balik penelitian n modifikasi gak keru2an, bisa naekkan value produk sebesar 10% aja dah sujud syukur :D

Tidak ada komentar: