Minggu, November 25, 2007

lapar.kok?

hanif: aku luweeh mbaak!!
marjie: ayo mudhun tuku mangan. saiki!
fitri: onok SOPO nang kunu sing kenek dipangan?
Johan: aku yo luweh, bro!

komen2 via YM diatas menunjukkan tingkat kelaperan keluarga besar ITS Online akhir2 ini mendekati stadium IV! entah kenapa kini semua perut gampang sekali dalam posisi empty, terus konsolidasi guna menggelar serangkaian demo bertajuk "minta diisi".keasyikan duduk di depan komputer dengan fasilitas internet uninterruptable dan full-free-acces ini membuat kru semua males turun guna sekadar mengais makan.

sebagai pemerhati entrepeneurship tingkat lantai 1,sebuah analisa kemudian saya luncurkan:
judul:
(biar keren, basa enggress) Income Upraising Through Food-Chain-Management Inside ITS Online

latarbelakang:

(1)keasyikan kru nge-net, males pindah;
(2)posisi kantor di lante6, males turun

tujuan:
(1) meningkatkan pendapatan pribadi dengan mengambil keuntungan dari kantong gaji kru ITS Online;
(2) itu sudah!!

Dasar Teori:
pada dasarnya food-chain-management mengadopsi dari istilah supply chain management (pemanasan untuk S2, Red). dimana kita akan membuat strategi dan taktik untuk mendapatkan food dari supplier, kemudian terjadi proses pengolahan di perusahaan kita (bisa juga dilakukan dengan proses penaikan harga), kemudian distribusi ke costumer. Management ini haruslah membuat chain tersebut memberikan kebahagiaan dengan terpenuhinya kebutuhan masing-masing pihak (supplier,kita,costumer), dengan time sesingkat-singkatnya, cost serendah-rendahnya, dan keuntungan sebesar2nya, berikut tentunya kepuasan se-puas2nya.

metodologi operasi:
(1) mendata bahan makanan yang disukai kru ITS Online. dengan kriteria MMB: Mengenyangkan, Murah, Banyak seperti mie instan, milo, energen, roti empuk.
(2)mengecek harga di toko terdekat, sepertinya yang memungkinkan adalah sakinah swalayan.
(3)menaikkan masing-masing harga berkisar IDR500,00 - IDR2000,00.
(4)promosi penjualan, bisa dilakukan dengan membuat pengumuman di shoutbox,papan,dan tentunya yang paling cihuy adalah pendekatan personal (baca:pemaksaan).
(5)metode pembayaran bisa dilunasi saat gajian, sistem potong gaji!!ini akan memacu konsumerasi pasar yang terbilang kru ITS Online-berkantong-tebal-saat-gajian-thokk!

analisa pasar:
positioning: satu2nya sumber kebahagiaan (baca:makanan) di kantor redaksi ITS Online yang PALING DEKAT dan tanpa perlu berpindah pantat.
diferensiasi:menawarkan makanan dan minuman yang..umm..PALING DEKAT (lagi).
branding: tidak diperlukan branding, mengingat nama si penjual sudah cukup merajai kantor ITS Online. tapi oke lah, mengingat bisa saja kru lain melakukan duplication terhadap ide orisinil saya. kita bandrol dengan brand "WARPITYU" singkatan dari WARung PITri aYU (ting2!) dengan lambang dian sastro pake jilbab biru.

proposal ini akan saya segera acc-kan kepada orang tua saya selaku pemodal tertinggi dalam kehidupan saya, agar segera dapat direalisasikan, karena dengan diterbitkannya tulisan ini ke media massa (baca:blog nduk pitri), proses pencurian dan duplikasi ide akan segera dilakukan oleh kru lain.

peringatan!: kru ITS Online yang mencoba mencuri dan menduplikasi ide saya, akan dituntut dengan pasal 239 KUHITSO junto 45 dengan hukuman penurunan pangkat menjadi Asisten Reporter Junior, apapun pangkat anda sebelumnya!

Tidak ada komentar: