Rabu, Desember 12, 2007

learning english in easy n funny way

banyak yang menanyakan bagaimana saya menguasai basa enggres dengan tarap menengah-keatas. kursus dimana? nope, i never took even a single course. i'm just lucky, sure did.

aku dilahirkan sebagai bungsu dengan kakak yang sangat pandai dan menggemari bahasa inggris. Sejak SMA, mbak pertama ku ini "hobi" dengan segala sesuatu yang berbau bahasa inggris. ikut kursus conversation juga di daerahku. sering beli kaset musik barat atau beli majalah Hello! -great book indeed-. aku dan kakak kedua ku secara naluriah juga ikut2an familiar dengan bahasa ini.

Jarak kakak pertama dengan aku adalah 8 tahun, jadi saat seumuran SMA, aku masih di level SD. dari sedini itu aku sering diajak bercakap2 dalam basa inggris, bertiga dengan kakak2ku. bahkan untuk mendiskusikan sesuatu. oiya, hal pertama menggelikan yang aku pahami dari bahasa Pangeran William ganteng ini adalah semua dikasih is, aaahahah, geblek! misalnya: i am is a student, atau you is eat

selain percakapan sehari-hari dalam bahasa inggris, kami pun sering mencatat lirik lagu2 yang kami sukai. di kaset kan kadang gak semua lagu ada liriknya. jadi kami putar di tape, sebaris demi sebaris, dan mencatatnya. ada kepuasan tersendiri saat selesai menuliskan liriknya. dan kadang kami kemudian menyanyikan dan merekamnya, sekedar sebuah memoar keisengan dari apa yang telah kami selesaikan. dan lagu pertama yang sukses saya terjemahkan adalah lagu backstreet boys-closer to you. from their very first album.. i love that song a lot.

hobi ku yang lain adalah nonton pelm kartun -sampek sekarang kale :p-. dan sarana ini sangat ampuh untuk mengasah listening ku. seperti kartun rugrats yang dulu memang tak di-dubbing dan tak disertai terjemahan. kartun kan makanannya anak kecil, jadi basa enggres nya simple2. berlanjut biasanya nonton pelm luar dan mencoba tidak melihat terjemah dibawahnya. tapi sumprit itu perkara yang sulit. soal'e kita terbiasa dengan melihat terjemahan dibawahnya:D acara yang sering saya buat latihan basa enggres akhir2 ini adalah Oprah Winfrey Show.

Sungguh saya juga bukan orang yang tepat jika ditanya tentang grammar dan istilah2 berikut aturan2 lain dalam basa enggres. saat mengerjakan tes TOEFL, TOEIC atau ujian2 inggris lainnnya, saya hanya menyesuaikan dengat kata2 yang pernah saya baca dan dengar. seperti saat mengisi:
I will ..... to the beach later.
a. goes
b. going
c. go
d. went
saya hanya mengingat2 bahwa hanson pernah bernyayi I will come to you dan bukannya I will coming to you. maka jawabannya adalah go (C). Hampir semua terjadi seperti itu.

skill bahasa inggris sangatlah penting. saat kuliah banyak buku, terutama engineering, yang jauh lebih bagus jika dibaca dalam bahasa inggris. dan memang banyak yang hanya terdapat dalam bahasa inggris. saya paling sebel jika saya menyarankan teman untuk menemukan jawaban dari pertanyaannya dalam sebuah buku atau internet-yang memang hanya dalam bahasa enggres-, dan dia malah melengos dan bilang, males ah gak seneng lek basa enggres. yeeeee!

saat mencari kerja pun, skill bahasa yang satu ini mutlak diberlakukan bagi yang ingin bekerja di lingkungan global. beberapa tes yang saya ikuti mengharuskan saya menjawab dalam bahasa inggris. walaupun memang tak harus jago banget dalam bahasa ini, yang penting isi jawaban kita. hya tapi klo kosa-katanya miskin papa dan prounancation nya acak adul, kesan kompetensi kita yang bernilai global juga minus!

jadi belajar bahasa inggris bisa tak hanya melalui buku literatur yang membosankan. ini dilakukan dengan hal yang menyenangkan seperti melalui hal2 yang kita sukai, musik ataupun film.

atau bisa juga mencari teman yang saling tidak malu untuk ngobrol dalam bahasa enggres ala kadarnya, untuk melatih speaking kita. menurutku, kemampuan speaking orang Indonesia sangatlah bagus, mengingat inggris bukanlah bahasa ibu kita. tidak seperti orang jepang yang ampun2 dah kagak ngarti. orang Indonesia omong inggrisnya lebih luwes. ini karena kita sudah terbiasa mengenal dan mengucapkan bahasa keseharian yang di Indonesia memang saaaaangat beragam dan bermacam-macam dialek dan kosa-katanya.

2 komentar:

dio mengatakan...

hmm....
maw kasi sikit komentar y....

ternyata cara belajar enggres kamu itu tergolog hebat krn kamu berdasar listening apalagi dari lagu yg biasany di ikuti bnyk kata2 slang. biasa untk belajar dgn listenig harus mempunyai indra pendengaran yang bagus dan pemahaman context yang cepat.
susah juga loh bahkan bagi kebanyakan mahsiswa yg kull di fakultas sastra atw jurusan inggris bahkan sebagian S2 ny.
(tapi tidak termasuk saya ho...ho...hoo...)

smoga cara belajar u dapat di contoh oleh sebagian manusia yang idup di Indonesia, krn sampai saat ni base enggres merupakan hal yang paling mengelikan untuk di pelajari.

thanks,wasalam....

diocoolbanget3@yahoo.co.id

fitri mengatakan...

wa'alaikumsalam..

hehe, iya, belajar klo dibikin seneng bisa cepet nangkep kok.

sukses mas dio.. salam kenal..

-pitri-