Jumat, Desember 07, 2007

spionase kurang kerjaan


setiap melewati deretan mobil2 di parkiran arsitek dan rektorat, saya selalu membayangkan tengah membawa pulpen super berukuran kecil, lengkap dengan jarum dan pelontarnya. hehehe.. serasa seorang mata2 kurang kerjaan bin usil yang berniat menggembosi ban2 mobil tersebut dari jarak jauh dengan jarum tersebut. bett, wuzzz...cesss!! dan saya hanya bersiul2 sambil lalu. mantapp!

oke, saatnya berfikir serius terhadap ide saya. kita misalkan mobil ini diam alias sedang parkir. menggunakan humum Newton, mari kita pikirkan dulu gaya apa yg bekerja padanya dan mencari resultannya. wokeh, ternyata hanya gaya berat saja yg berlaku. Kalau satu ban kira2 2 Kg, maka

F = m.g
F = 2000 (gr) . 10 (m/s2)
F = 20000 Newton

Untuk bs "mengalahkan" gaya sebesar 20 KNewton, ya kita musti bisa membuat jarum dengan gaya minimal 20 KNewton juga. Bisa dengan olah2 bentuk, atau kecepatannya.

1. Analisa kecepatan jarum,
massa jarum anggep saja 1 gram
F = m.a
20000 (Newton) = 1 (gr) . a
maka a = 20000 m/s2

untuk membuat jarum memiliki percepatan sebesar itu, maka kita akan melihat seberapa besar kecepatan yang harus dimiliki jarum saat menyentuh lapisan ban. jika kita ingin menembak ban dengan tidak ketahuan, maka jaraknya kan musti jauh. anggap saja dari 4 meter. maka:

Vt kuadrat= Vo kuadrat + 2.a.s
Vt
kuadrat= 0 + 2.20000 (m/s2). 4 (m)
Vt
kuadrat= 80000 m2/s2
Vt = 282,8 m/s

jika kecepatan mobil F1 di trek lurus kurang-lebih 300 Km/Jam atau setara 83,33 m/s.. fiuh berarti kita musti bisa membuat jarum melaju dengan kecepatan 3 kali dari mobil F1! SARAP! tapi tenang.. masih di bawah kecepatan suara yang 330 m/s kok :D so gak bakal ada bunyi letupan seperti sonic boom yang butuh dua kali kecepatan suara. misi kita bakal masih aman, dan secret.

hmm... 3 kali mobil F1 ya? waduh2.. kita butuh bantuan anak penerbangan yang ngerti desain aerodinamika wat jarum nya ne disini.

2. Dari jarum dan ejector nya
tekanan ban mobil kira2 sekitar 30 psi atau sekitar 206842, 8 N/m2. maka dengan gaya jarum yang ditembakkan sebesar 20000 N, dibutuhkan jarum dengan lebar:

A = F/P
A= 20000 (N)/206842,8 (N/m2)
A= 0,09 m2 = 900 cm2

wah, ghede juga jarumnya :D untuk mengatasinya ya... berarti P dari jarum musti jauh lebih besar dari P nya ban.

hmm... butuh anak mesin neh wat bikin ejector atawa pelontar dengan tekanan sebesar itu. bisa dibuat dengan sistem pegas, atau fluida seperti air yang dipakai anak mesin dalam water rocket contest, bisa juga dengan fluida gas atau uap bertekanan.

pada intinya, kecepatan jarum itu harus sangat tinggi, dengan tekanan yang tinggi pula, dibantu dengan ujung jarum yang sekecil mungkin.

dan tengah saya rumuskan bagaimana jika menembak pada ban mobil yang sedang berjalan. pastinya kecepatan jarum musti super tinggi, tekanan super tinggi. Karena benda bergerak cepat memiliki gaya yang lebih besar pula. kalau tidak bisa2 jarum yang ditembakkan malah terpental tanpa sanggup merobek ban nya.

3 komentar:

Galih mengatakan...

dasar anak fisika

fitri mengatakan...

dasar anak informatika

*loh, opo hubungan'e?! :p

Afiat Sukmaraga mengatakan...

oo dadi koe seng ngembosi spd motorku kae ... tak laporke hansip kowe