Minggu, Agustus 03, 2008

jati diri Indonesia

wuss.. kok sangar pit judul'e? serius yauw? he em, nonton simphony fest malem ini pitri punya pemikiran jauh jauh nun jaaaaauh ke depan. wuduw. tentang arti nasionalisme. tentang jati diri sebuah bangsa, INDONESIA!

malaysia merupakan negara dengan 3 jenis penduduk, melayu, china dan india. dan tentu saja dalam festival musik malam ini, ketiga orkestra itulah yg ditampilkan. melayu dengan gamelannya, china dengan orkestra china yang mirip ost pelm jacky chan yang lagi diajari masternya di puncak gunung krakatau (heh?!) dan india dengan orkestra harmonika besarnya berikut gendang besar seperti yang ditabuh si cakep aa' shah rukh khan di pelm mohabbatein.

setiap akan perform, akan diiringi animasi perkenalan tiap2 orkestra. ajang narsis diri juga si klo boleh dibilang, yuuk. lah poto satu per satu anggotanya ditampilin e :p dan saat grup india nya akan maju ketampil, mereka memakai video yg kemudian pitri tau diambil dari youtube (http://www.youtube.com/watch?v=00M3Y2ZpTEA) dengan lagu kebangsaan India, Jana Gana Mana. tentunya video ini diedit sana dan sini mengingat mereka adalah india-malaysia dan perform di malaysia. adegan bendera hijau- putih- orange pun di cut lah.

sejenak pitri pun melihat kesyahduan di vid klip itu. dan alasan kenapa video itu bisa muncul di momen seperti itu lah yg membuat pitri merenung. bahwa sejauh apapun mereka mengembara, sebanyak generasi pun yang telah mereka lewati, bangsa india adalah bangsa india. generasi nya tak kan pernah lupa akan jati diri nya, walau IC nya jelas2 berstempel malaysia. bangsa india adalah bangsa yang sangat membanggakan nasionalisme, darah hindi mereka, akar nenek moyang mereka.

begitupun dengan bangsa china. seberapa jauh pun mereka mengembara, mereka adalah tetap bangsa china. bangsa kulit kuning klo dibilang -kok kuning ya? mereka bukannya putih ya? atau kuning keputih2an? :D- bangsa china dengan IC negara apapun, mereka selalu melaksanakan tradisinya. dimana2 mereka tetap merayakan Gong Xi Fat Chai. di belahan bumi manapun mereka tetap setia dengan ornamen merah dan emas. di manapun mereka, bangsa china dikenal sebagai bangsa yg pandai berdagang, ulet bekerja.

sungguh, penduduk china dan india itu dulu dibawa ke malaysia oleh kaum penjajahnya. sebagai pekerja, sebagai kuli, sebagai buruh. sampai sekarang pun mereka tetap menjadi kaum nomer 2 dan 3 disini. namun toh perlahan mereka mulai bisa beradaptasi. mulai bisa membaur dan diterima oleh penduduk lokal. bahkan secara kuantitas mereka pun semakin bertambah banyak. bukan tidak mungkin kalau suatu saat 2 kaum kelas bawah ini akan menjadi bagian dari malaysia seutuhnya. maksud pitri secara politik dan hak-hak lainnya.


melihat dari contoh diatas, sekarang kita beralih ke tenaga kerja Indonesia, TKI. mereka sungguh merupakan polemik bagi bangsa kita. mau diijinkan tapi selalu bawa masalah dan bikin malu bangsa kita saja, tapi kalo dilarang emangnya ada lapangan kerjaan buat mereka di tanah air apa???!!

sedikit menerawang, ah rasanya biarkan saja para TKI itu menyeruak kemana2. meskipun dengan muka tertunduk, mungkin saja lebih baik bagi bangsa ini dengan menyebarnya mereka. di tanah baru tersebut, mereka akan berkembang, menyebarkan kebiasaan dan budayanya, dari generasi ke generasi. bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan dikenal sebagai bangsa pengembara. dimana penduduknya tersebar di seantero belahan dunia. seperti bangsa china dan india. lihat saja, hampir di semua tempat ada china town. hehey, bukan tidak mungkin di dunia ini nanti akan banyak Indonesia town hayoo.. :D

dan bukan tidak mungki jati diri bangsa ini nantinya akan tersohor dimana2. sebagai bangsa yang ramah, yang selalu tersenyum dengan tulus, yang berbudaya, yang ulet, yang kreatif (meski kadang cenderung bersifat usil, hehe), dan mempunyai citra rasa kuliner yang paling rumit dan mak nyos sedunia! huahahahahahahahahahaaa -sinchan mode: on-

*smiling indonesia*

nasionalisme jangan dipandang kaku lah bung! ga harus ke pulang ke Indonesia kok untuk mengabdi pada bangsa ini. nasionalisme adalah tidak melupakan jati diri bangsa, dimanapun kita berada!

*poto diambil dari www.d.ymig.com dan www.englishpeople.com.cn

2 komentar:

ANTOWN mengatakan...

yeah!! pertamax!!...
pakabar pit?!

numpang pasang info lagi ya;

OOT:
Bagaimanakah peran blogger dalam mengisi kemerdekaan RI??

ikuti kontes #4 di blog saya. Siapapun boleh ikutan, gratisss…

ridu mengatakan...

waah.. jangan2 bude gak balik lagi ke indonesia yaah??