Kamis, April 09, 2009

Mengatasi Telinga Sakit Saat Landing

Bagi sebagian orang, naek pesawat terkadang menyakitkan. seperti saya yang selalu merasa was2 saat pilot menyatakan bahwa pesawat akan landing dalam 15 menit. telinga sakit dan sangat sakit. itu terjadi karena turunnya tekanan udara secara drastis. baca http://ndukpitri.blogspot.com/2008/01/again-i-hate-flight.html untuk keterangan selengkapnya perihal penyebabnya. kejadian ini lumayan parah bahkan pernah mata saya sampe berair walo g pengen nangis, air mata keluar sendiri gitu, sakiiiit g tertahankan, efeknya jg g ilang walo dah beberapa menit turun dr pesawat.

nah, ada cara jitu bagi anda2 yang mengalami hal serupa. jadi dulunya ada kawan yg bilang, emut permen pit, biar g sakit. namun ternyata saat nduk pit praktekkan, g ngefek juga. eh ternyata, solusi penangkalnya adalah pada bagaimana kita menelan ludah nya.

jadi saat pesawat sudah keliatan miring2 atau turun untuk landing, segera emut permen. atau saat telinga anda mulai merasa sakit, emut permen. permen alot atau chewing candy lebih disarankan, sebab membantu pergerakan rahang saat nantinya harus menelah dengan kuat.

kumpulkan beberapa air ludah di mulut, hehe i know it sound njijiki tapi memang kita harus menelan jumlah air ludah yg cukup banyak saat menelan, bukannya makan permen juga sebenarnya aktifitas menelan ludah yang diberi perasa buah2an ya, huehe. nah, setelah terkumpul banyak, telan kuat2. sangat kuat hingga telinga anda merasakan aktifitas penelanan ini. ehmkkkkk!!!

ulangi beberapa kali sampai terdengar bunyi plop di telinga anda, atau sampai anda tidak merasakan sakit lagi. awal melakukan ini, saya menghabiskan 6 permen mentos. dan terakhir kemaren berkurang hanya dengan 3 permen sugus rasa stroberi. it works! it works! telinga saya sudah g sakit lagi. bahkan sebelum landing, telinga ini sudah bisa mengadjust perbedaan tekanan dengan sempurna.

selamat mencoba and have a nice and save flight! :)

5 komentar:

Raffaell mengatakan...

Ada obat tetes tuh, waktu itu pernah kedokter, ngasi obat tetes, intinya sih jgn sampe idung mampet

Irfan Zamzami mengatakan...

telingaku udah gak sakit kalau landing, dengan menyanyi. bener loh. tapi ternyata orang sebelah yang jadi sakit kupingnya :p

fitri mengatakan...

@ mas raff: weh, ada obatnya ya. baru denger..

@ irfan: ancen hobimu fan lek kuwi :p

Zayn Zesha mengatakan...

wah mbak....
berarti kalo aku latihannya setahun sekali donk
tahun pertama 5 kali
tahun kedua 3 kali
masak mau bisa agar kuping gak sakit mesti nunggu 2 tahun.

BTW.......kemarin dapet temen dari KL main ke surabaya. lihat di bizesha.blogspot.com

Tania Putri mengatakan...

Your website is really inspiring for me to achieve success, keep the spirit.
Otopain Obat Tetes Untuk Telinga
Konsultasi Kesehatan