Kamis, Maret 27, 2008

home made sarden

mulai postingan ini, akan ada kategori posting tambahan, yaitu kuliner. jreng jreeeengg...

ya bisa hasil jalan2 kuliner, atau hasil masakan sendiri (tingg tingg :D). ndak ndak... bukan resep masakan manusia pedas rica-rica yang dolo, ini asli masak, bisa dimakan, nyam nyam. nah.. yang pertama-tama akan saya share resep masakan buatan sendiri. hehe, cooking for dummies lah.. secara saya juga baru belajar masak. harapannya si.. bisa masak buat cuami n anak nanti, cie'elaaaaah.. prikitiwww.

okeh2, ini resep bikinan sendiri (dalam artian, mencret dan penyakit perut lain yg timbul sesudah mencobanya.. tidak ditanggung, meheh). terinspirasi dari sarden2 kalengan yang jeng pitri beli selama ini rasanya... kurang sepp dan banyak pewarna-perisa-pengawet buatan, ya jeng pitri coba bikin resep imajinasi supaya bikin sarden yang dimakan nantinya berasa.. masakan rumah :D (ditambah gitu lllllooooh)

oke ibu2.. ini resepnya. untuk makan satu orang loh ya. .


Bahan-bahan:
1. ikan ( apa aja lah, tuna boleh, pindang boleh, kakap, sembarang lah, jeng pitri jg ndak negrti jenis2 ikan :D ) , klo saya biasanya untuk bikin sarden suka beli yang potongan gitu. maksudnya ikan'e gedhe, tp sama si abang penjualnya dipotong2. soal'e klo sarden kan butuh dagingnya, bukan kepala, ekor n de gank n de bro. klo banyaknya.... berapa ons ya? ngg.. kira2 aja lah mau makan seberapa. jeng biasanya pake yang seukuran tangan.
2. tomat, pilih yang dah bener2 ranum, gedhe.. 2 biji.
3. bawang merah, yang banyak, soal'e musti bener2 sedep untuk ngimbangin rasa tomatnya, saya biasa pake 2 siung ukuran besar.
4.bawang putih, dikit aja, ga pake jg gak papa.
6. cabe, sesuai selera lah.. klo jeng pitri suka banyak 5 biji, suka pedes soal'e :D
5. cabe merah, 1 aja, ini untuk menambah sedap rasa dan warnanya biar semakin merah.
6. kecap, untuk imbangi rasa tomatnya biar ndak terlalu kecut, seiprit ae.
7. aer, dikit.

Cara masak:
1. haluskan bumbu: bawang merah, bawang putih, cabe, cabe merah, tomat. bisa juga diiris tipis, tomatnya jg iris tipis biar hancur pas dimasak.
2. panaskan minyak, bs diuji dengan memasukkan anak tetangga ke dalamnya. klo nangis ga keruan dan kulit melepuh... dah panas berarti.
3. masukkan bumbu, tunggu sampek harum
4. tambahkan air, dikit saja. kenapa pake aer? soale kita mau ikannya nanti bener2 mateng, kan butuh waktu lama tuh, uap air yang terbuang jg banyak, so biar pas mateng ikannya, kuah bumbunya masih ada.
5. masukkan ikan. tunggu sampek matang. gimana cara tahunya? klo jeng pitri sih dicuil2, penculikan daging ikan sebelum waktunya. selesai masak, tinggal tulang! gubrakks
6. lamanya masak.. ngg.. tergantung kompornya si. klo gas bisa cepet.. klo minyak bs lumayan cepet, klo listrik bisa.. lumayan lama (seperti yg jeng pitri pake di hostel), klo pake lilin... ngg 2 bulan kayak'e baru mateng!!!
7. finally: siap disajikan...

caution: klo bs ga pake tambah sayur ya bu.. ntar bikin hambar rasa sardennnya, orang jawa bilang anyep. mau masak buat sayurnya, terpisah aja.

eiya sori bin menyori, kemaren lupa dipotoh hasil masakannya. ntar ya bu, kalo jeng pitri masak sarden lagi, dipoto dan diupload di posting ini. selamat mencoba.

sukses bu... ddddaaaaahhh .. muuuuah (gaya maisy ciluk-baa minta ditabok)

4 komentar:

ridu mengatakan...

waaah.. kayaknya enak banget tuh.. jadi laper deh..

fitri mengatakan...

@ ridu:
enak du, enak bangett, wuss..sepp dah! sedap kali.... *semakin keliatan ga enak nya neh..(garuk2 dagu)*

balzach mengatakan...

Ditunggu kiriman sardennya ke hostel V5C, buat incip2. :-p

fitri mengatakan...

hehey, masih dalam tahap uji coba pak. ntar klo sudah di-viva dan sukses, baru bisa diincip2kan ke V5C :D