Jumat, Mei 02, 2008

gule/opor ayam


fiirst, pitri sebener'e g tau ini gule atau opor atau jangan2 malah ada nama yang laen. au ah!! resep ini mula2 pitri sadur dari resep "lele tlunyur" ibu. iya lele tlunyur, soale pitri suka lele nya tinggal masukin kuah tanpa digoreng dulu, jadi ibu bilang tlunyur, hehehe. pitri modif lah diisi ayam. eh, tp bisa jg loh isinya diganti ikan atawa daging. selamat mencoba...

bahan:
1. kunir, satu ruas telunjuk
2. lengkuas, sama dengan kunir ukurannya
3. sereh, satu aja
4. bawang merah, 2 ukuran sedeng
5. bawang putih, 2 aja kecil
6. cabe, sesuai selera deh
7. tomat, 1 biji gede yang merah-mateng ya..
8. santen, umm sesuai selera. klo mau kentel ya banyak, encer ya dikit. klo ga nemu kelapa tetangga yang bisa dipanjet, pake aja kemiri.
9. ayam nya lah.. 4 potong, bett terserah jg deh mau berapa
10. kentang, satu biji gedhe. yg ini fungsinya wat sayur. kan klo maem musti ake cayur -gubraks- jangan pake sayur ijo, wortel dll, nih masakan cocoknya sama kentang oceh2..
11. garem&gula

Cara masak:
1. bumbu iris/uleg = bawang merah-putih, cabe, tomat (iris gede aja)
2. bumbu uleg = kunir, lengkuas
3. bumbu geprok = sereh
4. goreng kentang terpisah dulu, biar ntar klo masukin kuah g ancur, memet
5. tumis semua bumbu, ampe harum rum rum ruuuuuuuuuumm -hush! emang motor-
6. masukin aer, secukupnya aja, klo bisa lumayan banyak soale buat matengin ayamnya
7. garem + gula.
8. masukin ayam, tunggu ampe dah mateng ayamnya
9. masukin santen, aduk rata
10. masukin kentang
11. aduk rata, klo ayam dah mateng dan diicip dah enak, angkat

selamat mencoba......... cii luuukk baahhhh, muuuuuahh -lempar sendal ke pitri-

9 komentar:

mujib mengatakan...

weleh-weleh, pitri di malaysia itu kursus masak ya ? atau jadi koki dadakan ? heuheu :P

antown mengatakan...

pit, teganya dirimu...
wetengku tambah luwe, hiks hiks...
laparrr

ridu mengatakan...

walah.. budeku ini jago masak juga toh.. wah enak donk.. hmm.. dari gambarnya lumayan deh keknya..

*lumayan pengen muntah!

wakakkaka..


gak denk becanda.. ayo, menu selanjutnya apa nih bude?? :D

fitri mengatakan...

@ mas mujib:
he'eh, ntar klo lulus double degree MSC. satunya Master of SCience, satu lagi MaSter of Cooking :p

@ antown:
hehehe, ditunggu "siksaan" selanjutnya klo gitu. karena ke depan akan makin banyak postingan kuliner :D

@ ridu:
du... rrrggghhh.. bude lempar pake piringnya dari sini loh :x !!

Irving mengatakan...

Pit, gak pake kompor + panci/wajan ya? keren dunk.

Annie mengatakan...

hixz,,,, hixz,,,, jadi laperrrrrr...:((

fitri mengatakan...

@mas iping:
ya kalo pake kompor+wajan nanti bukan opor ayam.. tapi opor kompor+wajan.. kqkqkqkqkq

@anni:
resep sudah dicoba di dapur asrama, ting2! ayo buu.. dicoba resepnya..

masykur mengatakan...

Oalah! isoh masak to nduk? hehhe pa kabar di malaysia?

fitri mengatakan...

@masykur:
loh, pengenyek'an! tak masak sampean!:p
kbar baek mas, sehat.
mas masykur apa kabar jg? masih sama lia kan? ho'oh ho'oh, ya gitu.. tak doakan langgeng. jangan niru pitri deh, kqkqkqkq.